Sukses

Gatal dan Merah Pada Kulit

05 Oct 2015, 19:45 WIB
Wanita, 20 tahun.

Tanya dok, saya punya alergi kulit yaitu alergi panas. Jadi jika cuaca panas kulit di lipatan sendi menjadi gatal dan merah. Biasanya tidak berlangsung lama, hanya satu atau dua hari kemudian hilang, tapi belakangan kulit saya pada lipatan sendi di tangan kanan gatal sekali, bagian kulit nya memerah dan kulitnya seperti menebal. Saya kemudian disarankan menggunakan hidyrocortisone untuk mengurangi rasa gatal. Tetapi kenapa ya dok kulit saya seperti meninggalkan bekas seperti terbakar walaupun bagian kulit tersebut sudah tidak tebal lagi seperti sebelumnya? Selain itu saya juga memiliki masalah kulit lain pada wajah saya area di sekitar dahi, hidung dan dagu kering sekali dan berwarna kemerahan. Selain itu kulit di area tersebut juga terkelupas. Lalu pada bagian lengan bawah hingga jari tangan belakangan ini saya merasa sering gatal (sebelumnya terkadang juga gatal tapi tidak seperti sekarang hanya sesekali), ketika digaruk seperti ada bintik2 putih muncul kemudian memerah, ketika diraba kulit yang gatal tersebut sedikit lebih tebal dok. Saya jadi khwatir apakah ini membahayakan? Hal ini sudah saya alami hampir 2 bulan dok Terimakasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jumlahnya, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, sejak kapan muncul, apakah semakin membesar atau bertambah banyak, dll.

Saat ini kami menduga yang Anda alami adalah Urtikaria. Urtikaria atau dikenal awam sebagai biduran memang merupakan reaksi alergi. Gejala urtikaria bentol kecil dan semakin lama semakin besar dan hilang timbul. Selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. Makanan
  3. Gigitan/sengatan serangga
  4. Trauma fisik
  5. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  6. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  7. Gangguan emosional
  8. Faktor keturunan
  9. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.
  10. Udara Panas / Dingin

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi.  Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena cuaca panas maka sebaiknya anda menghindari aktivitas diluar ruangan saat cuaca panas. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain, dan berusahalah untuk menghindarinya,

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya.

Hidup dengan alergi memang bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Berolah raga teratur juga dapat membantu mengatasi alergi sehingga lebih terkontrol. Cobalah untuk melakukan tips-tips di atas terlebih dahulu dan lihatlah perkembangannya. Kami sarankan jika keluhan semakin mengganggu segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi optimal. Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda: 


Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 



Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar