Sukses

Bayi Tampak Mengedan dan Seputar Warna BAB Bayi

11 Feb 2015, 20:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

anak saya yg berusia 2,5 bln diberi sufor dan asi, fesesnya berwarna hitam kehijauan campur kuning,dan pada saat malam menjelang subuh sering ngeden seperti sakit perut,apakah alergi sufor? ato ada gangguan pencernaan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Warna, bentuk dan frekuensi tinja/feses bayi yang berbeda-beda seringkali menyebabkan kekhawatiran orang tua. Namun, jenis feses yang berbeda tersebut erat kaitannya dengan susu yang dikonsumsi. Sebelum berasumsi anak Anda memiliki gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengetahui informasi tentang feses berikut ini.

Jika bayi Anda mengkonsumsi ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Feses umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang(hindmilk). Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan lebih dulu. Bagian ini mempunyai lebih banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sifatnya yang mudah dan cepat diserap membuat bayi sering lapar kembali. Sedangkan, ASI belakang (hindmilk) akan terisap kalau foremilk yang keluar lebih dulu sudah habis. Hindmilk mengandung banyak lemak. Warna kuning timbul dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu. Cara pemberian yang benar: susui bayi dengan salah satu payudara sampai ASI di situ habis, baru pindah ke payudara berikutnya. 

Sedangkan bila yang diminum susu formula, atau ASI dicampur susu formula, warna feses akan menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, agak cokelat, cokelat tua, kuning kecoklatan atau cokelat kehijauan. Feses pada bayi yang mengkonsumsi susu formula berbentuk padat, bergumpal-gumpal atau agak liat dan merongkol/bulat.

Frekuensi BAB setiap bayi berbeda-beda, namun tidak masalah asalkan masih mau minum dan pertumbuhan nya bagus. Selalu perhatikan apakah sikap bayi rewel ataukah pertumbuhannya terhambat (dilihat dari berat badan yang tidak naik atau bahkan turun)

Bayi tampak mengedan/ tampak tidak nyaman sebelum mengeluarkan buang angin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Apakah konsumsi cairan ibu cukup? Bagaimana dengan konsumsi makanan yang mengandung serat oleh ibu? Sebab apa yang menjadi konsumsi bayi adalah apa yang dikonsumsi oleh ibu. Seringkali bayi dengan ASI terlihat gelisah/ mengedan sebelum mengeluarkan BAB atau buang angin. Yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya pertambahan berat badan, adakah keluar feses berwarna hitam keunguan (currant-jelly stool), adakah rasa gelisah yang berlebihan sampai anak menangis kencang dan lama? karena salah satu hal yang dikhawatirkan adalah adanya penyumbatan (obstruksi) pada saluran cerna anak. Bila berat badan anak masih normal, kami sarankan Anda melanjutkan pemberian ASI sambil meningkatkan asupan cairan dan serat Anda. 

Bila kondisi ini berlangsung berkepanjangan, maka jangan ragu mengunjungi dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar