Sukses

Pengulangan Imunisasi DPT Saat Terjadi KLB

10 Feb 2015, 09:44 WIB
Pria, 39 tahun.

anak saya umur satu tahun.laki-laki..imunisasi telah lengkap ...mulai dari bcg, dpt1,2 dan 3 serta imunisasi campak...sekarang kota padang sedang KLB difteri...pertanyaan :Apakah imunisasi difteri nya harus diulang lagi? mohon jawabanya..terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Imunisasi merupakan investasi masa depan anak. Dengan dilakukannya imunisasi berarti kita telah memberikan perlindungan kepada anak terhadap penyakit. Anak yang tidak diimunisasi bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain secara tidak langsung. Jika anak tidak diberikan imunisasi, maka tubuhnya tidak mempunyai kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit.

Imunisasi DPT adalah suatu vaksin 3-in-1 yang melindungi terhadap difteri, pertusis dan tetanus. Vaksin DPT memang harus diulang jika sudah diberikan sebanyak 3 kali sebelumnya, karena semakin bertambah umur antibodi akan menurun, namun pengulangan vaksin DPT (pada kasus anak Anda) mulai diberikan pada rentan usia 18 - 24 bulan, jika saat ini usia anak Anda 1 tahun dengan riwayat pemberian imunisasi DPT 3x, maka belum perlu untuk dilakukan pengulangan vaksin DPT karena antibodi yang ada didalam tubuh masih tinggi dan masih dapat melindungi anak dari penyakit Diphteri, Pertusis atau Tetanus jika memang suatu waktu menyerang anak saat ini. Saat ini yang bisa Anda lakukan adalah memberikan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang untuk meningkatkan daya tahan anak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar