Sukses

Pembesaran Tahai Lalat, Berbahayakah?

09 Feb 2015, 14:41 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter, saya memiliki tahi lalat sedari lahir di pipi kanan. Waktu SD kls3 saya mulai sadar bahwa tahi lalatnya timbul dan tidak rata dengan kulit saya. Saat ini semakin timbul hanya saya warnanya tidak sehitam sewaktu sy lahir. Tahi lalat ini tidak sakit tetapi byk komedo. Apakah berbahaya bila saya membuang komedonya dgn cr dpencet? Apakah ada indikasi berbahaya dr proses penimbulan ini?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Istilah medis yang menggambarkan adanya bercak berpigmen pada kulit adalah Nevus. Nevus melanositik oleh orang awam dikenal sebagai istilah “tahi lalat” atau andeng-andeng (nevus pigmentosus).

Nevus adalah tumor jinak yang paling sering dijumpai pada manusia, merupakan tumor yang berasal dari sel-sel melanosit. Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun pada orang tua.

Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun kita perlu mengenal tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

  1. Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan

  2. Membesar cepat dan warna lebih gelap

  3. Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya

  4. Di sekitarnya terdapat lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya

  5. Inflamasi atau peradangan tanpa didahului trauma (benturan)

  6. Nyeri dan gatal

Tahi lalat ini dapat berkembang dikarenakan iritasi kronik yang salah satunya disebabkan karena pajanan sinar matahari. Karena itu, hindarilah paparan sinar matahari langsung dan gunakan krim/losion tabir surya ketika keluar rumah. 

Sedangkan bila Anda bermaksud mengeluarkan komedo, hal tersebut tidak membahayakan. Namun ada kemungkinan meninggalkan bekas dan dapat terjadi infeksi bila pengeluaran dilakukan secara tidak steril.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar