Sukses

Nyeri Kaki Pada Penderita Diabetes

13 Feb 2015, 15:52 WIB
Wanita, 19 tahun.

Asalamualaikum wr.wb Saya mau tanya dok, saya punya nenek yang mempunyai penyakit diabetes kering...masalahnya nenek saya sering nyeri cekot-cekot pada kaki ditambah pula kakainya juga luka yang isinya air tetapi sudah dikeluarkan airnya dan sekarang kakinya masih luka...dok bagaimana cara untuk mengobati sakit nyeri serta cekot-cekot pada kaki nenek saya??? terus makanan apa saja yang boleh dimakan??? terimakasih :)

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Berapa kadar gula darah yang telah diperiksa nenek Anda ? sudah berapa lama nenek Anda menderita diabetes ? apakah teratur dalam mengkonsumi obat diabetes? apakah ada gejala baal yang dirasakan nenek Anda? apakah luka tersebut sudah diobati?

Mengenai nyeri pada kaki pada penderita diabetes seperti nenek Anda, kerusakan ini merupakan efek kadar gula darah yang tinggi serta sirkulasi darah yang kurang baik. Gejala yang umumnya ditemukan pada diabetes adalah baal pada kaki dan tungkai. Selain itu, saraf yang rusak juga bisa salah menerjemahkan sinyal. Sentuhan biasa saja dapat dianggap oleh saraf yang rusak sebagai nyeri. Nyeri yang dirasakan dapat berupa nyeri terbakar, kesetrum, atau seperti ditusuk-tusuk pada tungkai, lengan, atau tangan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi nyeri saraf yang menganggu ini:

1. Kontrol gula darah.

2. Rawat kaki.

  • Jaga kebersihan kaki dan periksa setiap hari.
  • Gunakan sepatu yang nyaman.
  • Gunakan kaus kaki dengan pelapus pada bagian depan dan tumit kaki.
  • Potong kuku kaki lurus.

3. Jalan kaki teratur.

Olahraga memperbaiki aliran darah ke saraf di tungkai dan kaki sehingga dapat memperbaiki saraf yang rusak. Olahraga juga menolong mengurangi kadar gula darah secara umum dan meningkatkan ambang nyeri saraf.

4. Mandi air hangat.

Air hangat membantu aliran darah ke kulit tungkai dan kaki.

5. Konsumsi vitamin B kompleks.

Vitamin B (B1, B12, B6, dan asam folat) penting untuk kesehatan saraf. Konsumsi vitamin B1 25 miligram, B2 200 mikrogram, B6 25 miligram, dan asam folat 1 miligram setiap hari.

6. Gunakan obat anti nyeri bila perlu.

7. Gunakan krim capsaicin untuk mengurangi nyeri saraf.

Kemudian luka pada kaki juga perlu diobati dengan optimal. Apabila terdapat infeksi bakteri, maka perlu diberikan antibiotik untuk mencegah penyebaran bakteri atau komplikasi terhadap jaringan sekitarnya. Kami sarankan Anda memeriksakan nenek Anda ke dokter umum atau dokter penyakit dalam agar nenek Anda dapat memperoleh pemeriksaan lengkap sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. 

Kami turut sertakan artikel terkait pertanyaan Anda: 8 Tips Atasi Nyeri Saraf Karena Diabetes

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan nenek Anda lekas teratasi.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar