Sukses

Lupa Mengkonsumsi Pil Kontrasepsi

09 Feb 2015, 15:21 WIB
Pria, 19 tahun.

Apabila pasangan lupa meminum pil kontrasepsi lalu berhubungan, apakah ada pil kontrasepsi yang dapat menangani dalam waktu 1 minggu? Apakah dokter dapat menyarankan merk dan jenisnya?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB yang dikonsumsi setiap sebulan sekali memiliki kandungan dua jenis hormon, yaitu estrogen dan progestin. Pil KB kombinasi tersebut harus dikonsumsi pada waktu yang sama setiap hari. Pil terdapat dalam 1 paket yang terdiri dari pil hormonal (warna kuning) dan pil pengingat (warna putih). Umumnya pil hormonal terdapat sebanyak 21 butir, sedangkan pil pengingat terdapat sebanyak 7 butir, sehingga semuanya berjumlah sebanyak 28 butir.  

Jika Anda lupa mengonsumsi satu atau lebih tablet selama lebih dari 12 jam, maka perlindungan kontrasepsi menjadi menurun, dan kemungkinan untuk hamil menjadi meningkat apalagi jika tidak menggunakan kontrasepsi tambahan lain seperti misalnya kondom ketika berhubungan. Berikut beberapa aturan yang harus Anda lakukan jika lupa meminum pil KB tersebut:

  • Bila lupa minum 1 butir pil hormonal (berwarna kuning) maka harus minum 2 butir pil hormonal segera setelah Anda mengingatnya
  • Apabila lupa meminum 2 butir atau lebih pil hormonal (berwarna kuning), maka dalam 7 hari gunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual atau hindari hubungan seksual selama 7 hari
  • Apabila lupa meminum 1 butir pil pengingat (berwarna putih) maka buang pil pengingat yang terlupakan

Apabila memang sudah lewat 1 minggu, maka ada kemungkinan untuk hamil. Anda dapat melakukan pemeriksaan test-pack untuk memastikan Anda hamil atau tidak. (Serba-Serbi Pemeriksaan Test Pack (11 January 2015) )

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar