Sukses

Kutil di Bagian Vagina

11 Feb 2015, 19:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi Dok, saya mau tanya pada kelamin istri saya tepatnya di labiola vagina terdapat 1 kutil kecil yang awalnya tidak sakit bila tersentuh. 2 hari ini sakit bila tersentuh. itu kenapa y? ada solusi? saat ini istri saya sedang hamil tua memasuki usia kandungan 8,5 bulan.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Bagaimana dengan ukuran kutil pada kelamin istri Anda? Apakah cukup besar? 

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Bila memang benar istri Anda mengalami kutil kelamin seperti yang Anda sebutkan, maka sebaiknya segera diobati sebelum melahirkan karena dapat memberikan efek yang kurang baik bila kelahiran dilakukan secara normal. Kami sarankan Anda memeriksakan istri Anda ke dokter kulit dan kelamin untuk memastikan diagnosis dan agar ditangani secepatnya bila benar-benar mengalami kutil kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar