Sukses

Penyebab Nyeri Ulu Hati

08 Feb 2015, 17:56 WIB
Wanita, 45 tahun.

Saya demam,menggigil,mual di ulu hati terasa tdk enak.badan sakit semua dan tenggorokan sakit utk nelan.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada gejalan lain seperti demam, mual, muntah, penurunan berat badan, rasa panas di tenggorokan, sering sendawa? Apakah Anda memiliki riwayat sakit maag?  Adakah perubahan pola BAB, seperti BAB hitam atau lendir pada BAB Anda? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah sudah teratur atau sering terlambat makan? Berapa kali BAB dalam sehari, apakah konsistensinya selalu cair? Apakah sudah pernah minum obat maag dan apakah ada perubahan?

Nyeri ulu hati dapat siebabkan beberapa hal, diantaranya adalah masalah pada otot, gastritis (peradangan lambung), GERD, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya ada masalah saluran cerna. Namun kami tidak dapat mendiagnosis hanya dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Untuk sementara, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung (pedas, asam, berlemak, alkohol, rokok, soda),  hindari stres, makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar. Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung.

 

Diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.  

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar