Sukses

Penyebab Batuk Lama

08 Feb 2015, 17:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, saya sudah batuk selama sebulan lebih dok. saya sudah ke dokter sewaktu di minggu ke-2. saya didianogsa batuk saja dok. saya diberikan obat 4 macam dok, antibiotik, obat batuk sirup, obat maag sirup dan obat tablet radang. setelah obat saya habis saya merasa baikan tp jika saya kedinginan batuk mulai lagi. batuk terjadi pada malam hari dan pagi hari dong. kira-kira batuk yang saya derita batuk apa ya dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sejak kapan keluhan batuk pilek dirasakan? Apakah Anda memiliki riwayat asma/alergi? Apakah ada gejala lain yang menyertai seperti batuk berdarah, keringat pada malam hari, nyeri dada, sesak napas? Apakah di lingkungan rumah/keluarga/kerja ada yang terkena tuberkulosis (TBC) paru? Berat badan turun berapa banyak dan dalam berapa bulan terakhir? Bagaimana dengan pola makan Anda? Sejak kapan keluhan gusi berdarah dirasakan, apakah ada perdarahan di tempat lain (mimisan, kulit mudah lebam jika terbentur, BAB hitam, kulit bintik-bintik kemerahan)?

Batuk lama (> 2 minggu) dapat disebabkan oleh bronkitis, asma, alergi atau TBC paru. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. 

Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa penyakit yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC, HIV/AIDS dll. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, laboratorium, dsb).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar