Sukses

Lendir Hijau Menyumbat Hidung

08 Feb 2015, 20:53 WIB
Pria, 21 tahun.

Setiap bangun pagi, hidung saya sering tersumbat lendir yang padat berwarna hijau gelap/cokelat gelap. Setelah dibuang, hidung saya kembali normal dan tidak ada tanda-tanda flu/pilek. Hidung tersumbat ini juga seringkali yang membangunkan saya karena susah bernapas. Kira-kira, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

 

Keluhan Anda adalah hidung yang tersumbat lendir padat berwarna hijau atau cokelat gelap. Nampaknya keluhan Anda disebabkan karena sinusitis. Pada sinusitis terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya sensasi lendir yang menetes dari hidung ke kerongkongan/post nasal drip. Jika sudah terdapat lendir pada daerah hidung dan kerongkongan, tentunya Anda akan sulit bernapas, terasa nyeri pada daerah wajah, dan keluhan tidak nyaman di daerah sekitar wajah.

 

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
  • Infeksi saluran pernapasan yang lama sembuhnya
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

 

Apakah Anda sudah mengetahui penyebab sinusitis Anda? Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. Jika terjadi infeksi saluran pernapasan (batuk pilek) maka harus segera diobati. Penanganan sangat bergantung pada penyebabnya. Apakah Anda sudah mengunjungi dokter?

 

Pencegahan kambuh kembali memang sangat ditentukan dari penanganan faktor pemicu. Bila sudah terjadi sinusitis kembali maka perlu mengunjungi dokter untuk pengobatan yang tepat agar tidak terjadi secara kronik dan menimbulkan komplikasi.

 

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul: Sinusitis, untuk informasi lengkap Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar