Sukses

Mengompol Orang Dewasa

08 Feb 2015, 20:44 WIB
Wanita, 18 tahun.

saya mau bertanya, usia saya tahun ini akan 19 tahun, namun saya masih suka mengompol terutama jika mau datang bulan,mengapa ya? dulu saya pernah memliki berat badan mencapai 79kg lalu turun menjadi 58kg dan sekarang lagi naik lagi tetapi stabil tetapi problem mengompol ini terjadi di sepanjang usia saya sampai sekarang, bagaimana solusinya ya? terima kasih

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Tidak dapat mengontrol berkemih pada dewasa alias mengompol atau inkontinesia urin dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:  

  • Jumlah persalinan yang banyak (pada wanita)

  • Berat badan berlebihan

  • Diabetes melitus

  • Riwayat operasi kandungan (pada wanita)

  • Infeksi

  • Trauma pada perut dan panggul

 

Inkontinensia terjadi karena adanya permasalahan pada otot dan saraf yang bekerja untuk menahan atau melepaskan urin. Tubuh menyimpan urin di dalam kandung kemih. Kandung kemih menyatu dengan uretra, sebuah saluran yang menyalurkan urin ke luar tubuh. 

 

Selama berkemih, otot di dinding kandung kemih berkontraksi, memberi tekanan kepada urin untuk keluar dari kandung kemih menuju uretra. Di saat yang bersamaan, otot sfingter di sekitar uretra menjadi berelaksasi, sehingga urin dapat keluar dari tubuh.


 

Inkontinensia akan terjadi jika otot kandung kemih tiba-tiba berkontraksi atau otot sfingter tidak terlalu kuat untuk menahan balik tekanan dari urin. Maka urin akan "lolos" dengan tekanan yang lebih rendah dibandingkan dengan seharusnya jika otot mengalami kerusakan, menyebabkan perubahan pada posisi kandung kemih. Obesitas yang dihubungkan dengan peningkatan tekanan perut dapat memperburuk inkontinensia. Maka penurunan berat badan mungkin dapat mengurangi derajat beratnya inkontinensia. 

 

 

Namun, untuk memastikan penyebab terjadinya inkontinensia urin pada Anda, periksakanlah diri ke dokter bedah urologi untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh. 

 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar