Sukses

IUD dan Keputihan

08 Feb 2015, 20:36 WIB
Wanita, 24 tahun.

Mlm dok, mau tanya dong,udh 13 hari ksini saia pasang IUD berbntuk T tapi setlh psang IUD saia pndrah selama 7 hari & stelh itu keluar keputihn warna'a kuning kecokltn sampe sekarang & itu bau amis apa itu darah dan gpp ia? dan klo gendong kakanya si dede kok sakit perut sebelah kiri bagian bawah, apa itu baik2 aja ia dok serta klo pasang IUD apa ga boleh bawa berat ya? Saia takut kena infeksi ato apa gitu. Mohon djawab & Trima kasih atas waktunya :)

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Efek samping  dari metode kontrasepsi IUD (spiral) copper T adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jarang sekali menyebabkan keputihan, meskipun dapat saja terjadi. Apakah Anda saat ini sedang menyusui? Bagaimana siklus haid Anda selama ini?

 

Keputihan sendiri, atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

 

Keputihan yang patut diwaspadai jika timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

 

Jika keputihan Anda warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan maka masih termasuk dalam keputihan yang normal. Nampaknya, keputihan Anda masih termasuk keputihan yang normal.

 

Kami sarankan  Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan keputihan Anda bila sangat mengganggu, melihat posisi KB IUD Anda saat ini, dan Anda juga dapat mendiskusikan untuk mencoba metode kontrasepsi yang lain seperti KB Pil atau KB Suntik. Dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan laboratorium yang diperlukan, dapat ditentukan apakah keputihan Anda termasuk keputihan normal atau patologis.

 

Kami sertakan artikel mengenai berbagai metode kontrasepsi yang dapat Anda pilih sebagai alternatif metode KB Anda: Keluarga Berencana.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar