Sukses

Nyeri Pinggang dan Batu Ginjal

23 Feb 2015, 10:09 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok mau nanya, kemarin kan saya ke pijat terapi saraf karna saya sakit saat kencing sampai urin saya ada darah, dan katanya saya ada batu ginjal, tpi setelah saya minum batugin udah lebih berkurang sakitnya, tapi udah 4 hari ini pinggang kanan saya terasa sakit banget, perut saya juga keram, apa itu berhubungan dok? terimah kasih dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan USG? Pemeriksaan radiologi dibutuhkan untuk melihat adanya batu, lokasi, ukuran batu tersebut. Jika memang keluhan masih ada, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter urologi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. 

Batu ginjal dapat menimbulkan keluhan berikut:

  • Nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus
  • Mual dan mutah
  • Darah di urin
  • Sering berkemih
  • Urin keruh dan berbau
  • Demam dan menggigil
  • Sensasi panas ketika berkemih
  • Kembung

 

Batu ginjal merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Terapi yang diberikan bagi penderita batu ginjal perlu disesuaikan dengan ukuran batu yang terbentuk.

Untuk kasus batu ginjal yang berukuran 4 mm atau kurang, pada sekitar 90% kasus batu dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Pasien perlu meningkatkan asupan minumnya, menjadi 2-3 liter/hari, untuk mempercepat proses pengeluaran batu tersebut. Observasi proses pengeluaran batu melalui urin dapat dilakukan selama 30 hari, untuk melihat apakah batu dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah.

Terkadang beberapa obat-obatan dapat diresepkan oleh dokter untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal yang berukuran kecil, seperti obat-obatan golongan calcium channel blocker atau golongan alpha blockers. Disamping itu, dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sumbatan batu ginjal, antara lain dengan memberikan suntikan NSAID atau obat golongan opioid intravena di rumah sakit. Pemberian obat penghilang rasa sakit melalui mulut (oral) hanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak terlalu berat.

Namun, untuk batu yang berukuran lebih dari 6 mm perlu dilakukan intervensi lebih lanjut untuk mencegah komplikasi yang lebih berat. Tindakan-tindakan pengeluaran batu dapat dilakukan tanpa pembedahan, yaitu dengan ESWL (menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu ginjal dalam tubuh), atau dengan tindakan pembedahan. Tindakan ESWL merupakan  tindakan yang tergolong aman karena bukan merupakan tindakan yang melibatkan pembedaha, dilakukan dari luar tubuh.

Pengobatan yang tidak tepat dan tidak segera terhadap kasus batu ginjal hanya akan menghambat pengeluaran batu tersebut dari dalam dalam tubuh Anda dan menimbulkan sumbatan lebih lanjut terhadap aliran urin di saluran kemih. Lebih lanjut, batu tersebut dapat terinfeksi dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bahkan hingga penurunan fungsi ginjal. Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dan mendiskusikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter spesialis urologi Anda. Dengan demikian dapat diketahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, besarnya batu dan pilihan terapi yang paling tepat untuk kondisi Anda. Kami tidak menganjurkan suatu pengobatan alternatif dengan ramuan tertentu yang belum memiliki bukti klinis melalui suatu penelitian yang diakui untuk mengatasi keluhan Anda.

Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas fisik rutin dan teratur. Namun bukan berarti jika Anda banyak minum air dapat secara pasti mencegah batu ginjal, karena pembentukan batu ginjal berdasarkan banyak faktor, yang salah satunya adalah pola makan. 

Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan tata laksana lanjutan yang sesuai.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai cara-cara pencegahan terjadinya batu ginjal, kami sertakan beberapa artikel terkait:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • Ami*

    Halo dok.. mau konsultasi nih, saya tepat 1th lalu operasi batu ureter, terus akhir2 ini saya terkadang sakit pinggang kiri, dan saya putuskan 1minggu ini saya minum obat calcusol dr.sardjito. tapi setiap setelah minum obat pasti pinggang aku terasa sakit, walaupun tadinya gak sakit , setelah minum obat itu pinggang aku jadi nyeri,apakah itu karena reaksi obat ya dok? Dan itu pertanda apa ya dok? Apakah aku terkena batu ureter lagi ya.? Terimakasih