Sukses

Kaitan Onani dan Kanker Prostat

23 Feb 2015, 10:52 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok sejak usia 12 tahun saya selah sering onani ( akibat pergaulan yg buruk pd usia 12thn) . Tpi beberapa minggu kemudian saya mulai menghilangkan kebiasaan buruk itu . Menutut beberapa artikel yg saya baca di www.klikdokter.com . Onani dpt menyebabkan kanker prostat . Apakah itu benar & bagaimana cara pengobatanya serta pada usia berapa kira-kira saya terkena / tidak terkena kanker prostat ?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker prostat merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Sel-sel kelenjar prostat tersebut berkembang secara abnormal tidak terkendali sehingga merusak jaringan di sekitarnya. Kanker prostat jarang terjadi pada pria di bawah 40 tahun. Penderitanya paling banyak berusia di atas 50 tahun. Namun, pria muda tetap perlu mewaspadainya.

Adapun beberapa kemungkinan faktor risiko munculnya kanker prostat, antara lain:

  • Genetik

Risiko jadi semakin tinggi jika terbukti ada kerabat yang terdiagnosis kanker prostat. Jika ayah atau saudara laki-laki menderita kanker prostat, berarti risiko yang dihadapi cukup tinggi.

  • Pola konsumsi

Dari berbagai riset diungkapkan, pola makan memengaruhi peningkatan kemungkinan seseorang dapat menderita kanker, apa pun jenisnya. Bahkan, para ahli gizi menyatakan, 80-90 persen kasus kanker berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi. Berbagai penelitian mengatakan, risiko akan meningkat bila seseorang sehari-harinya mengonsumsi diet tinggi lemak.

  • Gaya hidup

Merokok dan minum alkohol ditengarai menjadi pemicu munculnya kanker prostat. Selain itu, sering berganti-ganti pasangan juga membuka kesempatan terjadinya infeksi virus pemicu kanker yang ditularkan melalui hubungan kelamin.

  • Lingkungan

Pekerja industri yang berkontak lama dengan logam kadmium (bahan pembuat batere), juga bahan-bahan kimia lain berisiko tinggi mengidap kanker prostat.

Mengenai kaitannya dengan onani, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pria usia muda dengan frekuensi masturbasi yang sering, memiliki risiko lebih cepat mengalami kanker prostat (di bawah usia 50 tahun). Hal ini kemungkinan akibat kadar hormon seksual yang tinggi, yang disebutkan juga berperan dalam timbulnya kanker prostat. 

Sebagai informasi tambahan, pada tahap awal, kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala, namun pada tahap selanjutnya sering timbul gejala/keluhan seperti:

  1. Sering buang air kecil terutama di malam hari.
  2. Buang air kecil harus mengejan.
  3. Sulit menahan buang air kecil.
  4. Tidak dapat buang air kecil sama sekali.
  5. Buang air kecil terasa sakit/panas.
  6. Ada darah dalam air seni dan air mani.
  7. Terasa sakit saat berejakulasi.
  8. Nyeri/kaki di daerah bokong, panggul, dan pangkal paha.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar