Sukses

Mata Cepat Perih dan Melihat Lingkaran Cahaya

23 Feb 2015, 11:53 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dokter, 3 hari yg lalu mata kanan saya cepat perih, dan serasa ada benda asing. kalau mengedipkan mata rasany tidak nyaman. Skrg keluhan trsebut sdh berhenti, namun pada malam hari setiap saya melihat lampu terlihat ada lingkaran cahaya di lampu tersebut. Tp hanya jika melihat menggunakan mata kanan. Mohon penjelasannya dokter untuk permasalahan kesehatan mata saya. Terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah saat ini Anda menggunakan kacamata/lensa kontak? Sudah berapa lama keluhan ini berlangsung? Melihat ada lingkaran cahaya pada sekitar lampu dapat saja disebabkan oleh adanya gangguan refraksi mata. Hal tersebut dapat terjadi pada penderita glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), edema kornea, katarak. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Belum diketahui apakah muncul cahaya tersebut pengaruh dari mata atau syaraf karena bisa saja keduanya. Karena itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata agar diwawancara dan diperiksa secara teliti. 

Mata kering dan perih banyak di alami terutama oleh individu dengan usia tua lebih dari 40 tahun. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya keluhan mata kering, antara lain :

  • Produksi air mata menurun. Semakin bertambah usia seseorang maka produksi air matanya akan semakin menurun. Hal ini merupakan penyebab tersering timbulnya keluhan mata kering pada wanita-wanita usia tua (postmenopause).
  • Komposisi air mata yang abnormal. Walaupun kelenjar air mata mampu memproduksi air mata dalam jumlah cukup, namun jika terdapat gangguan dalam komposisi air matanya maka air mata yang terbentuk akan lebih cepat mengalami penguapan atau mengalami destruksi. Akibatnya mata akan menjadi lebih kering. 
  • Adanya masalah pada kelopak mata sehingga mata tidak dapat tertutup sepenuhnya
  • Akibat pemakaian lensa kontak.
  • Komplikasi setelah operasi LASIK atau berbagai operasi untuk memperbaiki kelainan refraksi mata lainnya, namun komplikasi ini akan menghilang setelah beberapa bulan

Beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata kering dan perih antara lain adalah:

  • Menghindari faktor-faktor pemicu yang mempermudah mata menjadi kering, seperti daerah berasap, berdebu, ber-AC, kipas angin, dan aktifitas-aktifitas yang menurunkan frekuensi mata untuk berkedip (misal: saat menonton TV, menggunakan komputer, dll) 
  • ?Pemberian suplementasi air mata buatan setiap beberapa jam secara teratur
  • Untuk asupan makanan, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega-3, seperti ikan salmon, ikan tuna, udang, kerang, kepiting, bayam, labu, brokoli, dll, karena makanan yang kaya akan omega-3 dapat menurunkan risiko mata kering.

Kami sarankan sebaiknya Anda juga mengunjungi dokter spesialis mata untuk pemeriksaan lengkap sehingga dapat diketahui penyebab keluhan Anda melalui wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik.
 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. (CR)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar