Sukses

Pasangan Tinggal Jauh, Sulit Hamil?
07 Feb 2015, 22:03 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok sya nikah dah14 bln, sampe skrng blm hamil.. suami saya kerja di luar kota sedangkan saya d kampung,, suami pulang 1 minngu sekali... penyebabnya apa karena kita tinggal nya tdk sama jd sampe saat ini saya blm hamil? solusinya bagaimana? saya pernah urut kata tukang urut rahim saya jauh, itu penyebabnya knp ya dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, perlu juga diperhatikan:

  • hentikan segala bentuk kegiatan yang tidak menyehatkan seperti merokok, dan alkohol.

  • sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas

  • ketahui masa subur Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan 2 minggu dari hari permulaan haid Anda (bila Anda memiliki siklus haid 28 hari),  lakukan hubungan intim terutama di sekitar periode tersebut. Salah satu penyebab yang dapat dicurigai terkait belum terjadinya kehamilan Anda mungkin dapat dikaitkan dengan poin ini. Kemungkinan saat suami Anda pulang, Anda tidak dalam masa subur sehingga sperma yang masuk tidak bertemu dengan sel telur yang matang.

  • menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

 

Apabila setelah satu tahun melakukan hubungan intim secara teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi kehamilan belum juga terjadi, perlu dicari penyebab yang mendasari baik dari pihak Anda maupun pihak suami. Namun dalam kasus Anda, hubungan intim tidak dilakukan secara teratur, oleh sebab itu kami sarankan Anda menangani aspek keteraturan berhubungan dulu sebelum memeriksakan diri ke dokter. Mengenai rahim yang jauh, kami tidak dapat memberikan komentar karena hal tersebut harus melalui pemeriksaan USG perut yang dilakukan oleh dokter kebidanan dan kandungan.

 

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar