Sukses

Lendir Hidung Berdarah Saat Sedang Menderita Flu

07 Feb 2015, 21:19 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya punya masalah. Saya terkena flu dan saat ingin mengeluarkan lendir tersebut lendir di lubang sebelah kiri mengeluarkan lendir berwarna merah seperti darab berbeda dengan lubang sebelah kanan. Mengapa dok.? Apakah ada masalah.?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluar darah dari hidung saat mengalami flu hebat, terutama bila dibarengi dengan seringnya frekuensi mengeluarkan ingus, merupakan hal yang cukup lumrah, karena pembuluh darah hidung cukup rapuh dan dapat pecah akibat tekanan saat batuk atau membuang ingus. Iritasi pembuluh darah ini akan meningkat bila Anda semakin sering mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu kencang. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan bahwa keluhan ini hanya berlangsung sementara dan tidak ada perdarahan aktif. Jika ada, maka Anda lebih baik kontrol ke dokter THT segera.  

Untuk mencegah terjadinya kembali kondisi yang sama, anda harus menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari mengorek-ngorek hidung. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis atau kegananasan.  Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar