Sukses

Penanganan Jantung Bocor

11 Feb 2015, 14:59 WIB
Pria, 6 tahun.

mohon informasinya dok,. dok, ponaan saya umur 6 tahun di diaknosa jantung bocor di Medan. untuk penanganan nya katanya harus operasi. yang ingin sy tanyakan 1. apa penanganan nya harus di operasi atau ada tehnik lain untuk penyembuhan nya? 2. apa bila di operasi, efeknya bagai mana? 3. di katakan sembuh berapa % kira2? Terimakasih Dok sebelumnya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dalam jantung terdapat 4 buah katup yang memastikan bahwa darah dapat mengalir bebas keluar jantung melalui satu arah dan mencegah agar tidak ada aliran darah yang berbalik masuk ke dalam jantung. Pada kasus keponakan Anda, klep jantung manakah yang bocor? jantung memiliki 4 ruang dan 4 klep, masing-masing klep dapat bocor dengan penyakitnya masing-masing. Kebocoran katup jantung (insufisiensi katup jantung) terjadi akibat katup jantung tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga sebagian darah dapat mengalir berbalik arah saat jantung berkontraksi. Akibatnya, jantung gagal memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Semakin besar kebocoran katup yang terjadi maka dibutuhkan usaha jantung yang semakin keras untuk mengatasi masalah tersebut. 

 

Lokasi Katup Jantung

Penanganan dari penyakit jantung kongenital ditentukan oleh derajat keparahan penyakitnya. Pada kelainan yang minimal tidak ada terapi khusus dan hanya dilakukan pemantauan. Pada keadaan yang berat dapat dilakukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan jantung yang ada. Terapi ditujukan untuk memperbaiki fungsi kerja jantung sehingga organ lain di seluruh tubuh dapat memperoleh suplai darah yang optimal. Kami sarankan Anda untuk kembali membawa keponakan Anda ke Dokter Spesialis Jantung Anak, agar Dokter dapat mengevaluasi lokasi, tipe dan luasnya kelainan katup jantung keponakan Anda, karena kesimpulan diagnosa beserta tata laksana sulit ditetapkan tanpa adanya pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar