Sukses

Mengenal Disleksia

07 Feb 2015, 22:17 WIB
Pria, 26 tahun.

sy menderita disleksia tapi saya baru tau menderita penyakit ini di usia saya 25 tahun. bagaimana cara pemulihan untuk penyakit ini dok.???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Disleksia adalah suatu keadaan/ gangguan yang didapat secara keturunan yang menyebabkan kesulitan dalam membaca, menulis, dan mengeja bahasa asal seseorang. Walaupun kemampuan intelegensi anak tersebut lebih dari rata-rata. Kalau penyebabnya retardasi mental, tidak diajar membaca, tidak mendapat kesempatan belajar, atau ada penyakit fisik tidak termasuk dalam disleksia.

Sampai saat ini tidak ada pengobatan dengan obat. Terapi ditujukan untuk mengatasi kesulitan belajar yang spesifik, dan sangat individual (disesuaikan dengan kebutuhan tiap pasien). Terapi untuk Anda yang berusia 25 tahun, tentunya berbeda dengan anak yang baru berusia 10 tahun. Sebelumnya akan dilakukan penilaian mengenai sejauh apa Anda mengalami kesulitan, kemudian aspek tersebut yang akan menjadi target intervensi terapi.

Tahap pertama adalah menentukan diagnosis dengan benar, kemudian melakukan berbagai pemeriksaan psikologis dan fisik. Harus diingat bahwa anak dengan dyslexia sering menunjukkan kemampuan luar bisa misanya sangat inovatif, memecahkan masalah dengan sangat baik, kreatif dan berpikir lateral. Banyak orang disleksia menjadi orang yang sukses, oleh sebab itu Anda harus tetap semangat dan tidak berkecil hati dengan kondisi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar