Sukses

Gatal dan Bentol Pada Vagina

23 Feb 2015, 12:36 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, sy mau bertanya. 1 bulan ini bagian selangkangan dan vagina saya gatal dan bentol. Awalnya bentol hanya satu dua, sekarang hampir di seluruh permukaan vagina dan semakin gatal. Sebulan lalu saya mencukur bulu kemaluan dengan pencukur jenggot. Apa pnyebab dan solusiny. Terimaksih. Saya blm menikah dan blm pernah berhbungan seksual.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun perlu diketahui sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah sebelum keluhan terjadi Anda menggunakan sabun/pembalut atau panty liner dengan wewangian atau dari bahan tertentu/menggunakan celana dalam baru? Apakah keluhan terjadi pada area rambut kemaluan? Apakah keluhan gatal diikuti dengan keputihan? 

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah iritasi atau alergi terhadap zat tertentu; infeksi bakteri, jamur, parasit. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di kemaluan mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut kemaluan. Kemungkinan lainnya adalah gatal akibat vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

Berikut adalah beberapa tips dalam menjaga kebersihan organ intim Anda:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab. Gunakan celana dalam bahan katun yang mudah menyerap keringat, serta hindari ukuran celana dalam yang terlalu ketat.
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk atau tissue kering

Kami sarankan Anda untuk berobat langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat ditelusuri penyebabnya disertai dengan penanganan optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar