Sukses

Nyeri saat Bekemih

24 Feb 2015, 10:01 WIB
Pria, 20 tahun.

dok saya mau bertanya , kenapa ya saat ini saya kalau ingin buang air kecil sura ngrasa nyeri / nyang2an , terus perut juga sering mual sehabis makan , kepala using saat bangun tidur , gigi juga sering ngrasa ngilu ?? kira2 aku sakit apa ya dok ? aku stres dengan keadaan ini dok...

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Gejala anyang-anyangan, sering buang air kecil, nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh,  nyeri perut bawah, dan demam? Apakah terdapat cairan bening/nanah yang keluar dari kelamin? Jika Anda mengalami salah satu atau lebih gejala di atas, bisa jadi Anda menderita infeksi saluran kemih (ISK). Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Eschericia coli (penyebab utama), Staphylococcus Saphropyticus, Klebsiella atau Pseudomonas.

ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dikarenakan anatomi uretra pada wanita yang lebih pendek sehingga memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih. Beberapa faktor risiko yang memudahkan seorang wanita dewasa terkena ISK adalah pemakaian diafragma (alat kontrasepsi yang ditanamkan di vagina dan terbuat dari karet tipis berbentuk kubah yang kenyal dan fleksibel), hubungan seksual menggunakan kondom dengan spermisida, lokasi mulut uretra yang dekat dengan vagina serta anus (banyak bakteri), dan uretra wanita yang pendek. 

Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis dari gejala-gejala lain yang Anda alami, diperlukan wawancara medis menyeluruh dan pemeriksaan fisik langsung. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar