Sukses

Depresi Pasca Melahirkan

24 Feb 2015, 11:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hai dok, Saya ingin bertanya. Saya baru saja melahirkan sebulan yang lalu. namun hingga kini baby blues saya tidak kunjung usai. Sering kali Saya merasa sedih, menyesal memiliki bayi karena perut saya kini dipenuhi dengan stretchmark, dan sering kali berpikir untuk bercerai. Sebeum melahirkan saya termasuk wanita bekerja yang aktif. hampir setiap hari saya selalu memiliki kegiatan yang mengharuskan saya bertemu dengan banyak orang. namun kini saya merasa terkurung di rumah mengurus bayi, walaupun sejauh ini saya masih dibantu oleh Ibu saya. Suami saya tidak melarang saya untuk keluar rumah tetapi saya kerap kali merasa kehadiran dan support suami tidak sepenuhnya mendukung saya untuk pulih dari kondisi ini. bagaimana caranya untuk meminimalisir kondisi ini ya, dok? Terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Biasanya baby blues dialami dalam 4 minggu setelah melahirkan. Jika berlarut-larut lebih dari itu, mungkin Anda mengalami depresi pasca melahirkan. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu kurang zat besi atau DHA/EPA. Namun kebanyakan, faktor sosial lah yang mempengaruhinya. Baru memiliki bayi, menjadi ibu baru dengan segala kerumitan dan kerepotannya, kelelahan, kurang tidur, kurang dukungan dari keluarga, dll, bisa mempengaruhi.

Perubahan kebiasaan dan keseharian dari wanita karier menjadi ibu rumah tangga juga dapat mempengaruhi. Bicarakanlah hal ini dari hati ke hati kepada orang-orang terdekat yang dapat membantu Anda. Suami, ibu, mertua, kakak, atau sahabat yang sudah memiliki anak. Jika belum membantu, Anda dapat berkonsultasi kepada psikolog atau dokter psikiatri untuk tatalaksana lebih lanjut.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar