Sukses

Sering Kencing dan Diabetes

24 Feb 2015, 10:06 WIB
Wanita, 27 tahun.

Salam doc..ibu sy umur sdh 60an..masalah dia sekarang ni bila waktu malam beliau sering kencing2..tiap2 jam mesti maw ke wc..apakah itu salah 1 masalah kerosakan buah pinggang/kencing manis? Ataw disebabkan perkara lain? Boleh nyatakan simptom2 sakit buah pinggang/kencing manis? Tq.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berapakah konsumsi cairan ibu Anda sehari-hari? seberapa seringkah ibu Anda buang air kecil pada waktu lain selain malam hari? apakah terdapat keluhan lain seperti rasa tidak tuntas saat BAK? Sering buang air kecil dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kencing. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak tuntas, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  3. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

Selanjutnya mengenai kencing manis, atau dalam bahasa medis dikenal dengan Diabetes. Diabetes dapat didiagnosis dengan salah satu hal berikut: 

  • Kadar gula darah puasa Anda sama dengan atau lebih besar dari 126 mg/dL
  • Hasil tes gula darah sewaktu (hasil pemeriksaan sesaat pada suatu hari tanpa memperhatikan waktu makan terakhir ) lebih dari 200 mg/dL disertai dengan gejala klasik
  • Anda memiliki tes toleransi glukosa oral dengan hasil lebih dari 200 mg/dL
  • Tes A1c Anda lebih besar dari 6,5%

Adapun gejala klasik yang dimaksud adalah (3P) yaitu polydipsia (minum lebih sering), polyphagia (makan lebih sering), dan polyuria (kencing lebih sering), disertai penurunan berat badan. Gejala lainnya antara lain pandangan mata kabur, parestesia (rasa baal, tebal, atau kesemutan) pada anggota tubuh bagian bawah, terdapat infeksi jamur (sebagai contoh: balanitis pada pria), tubuh lemah. Adakah diantara keluhan tersebut yang dialami oleh ibu Anda?

Untuk menegakkan diagnosis penyebab keluhan sering kencing pada ibu Anda, diperlukan wawancara medis lengkap guna mengetahui keluhan dan riwayat medis beliau, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (seperti urinalisis) atau tes gula darah oleh dokter. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan ibu Anda ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk pengobatan optimal. 

Turut kami sertakan artikel terkait: Sering Kencing Tak Terkontrol?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar