Sukses

Testis Hanya Satu

09 Mar 2015, 13:02 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok, sejak umur 19 thn saya hanya memiliki 1 buah biji d kantung kemih, apakah saya akan mengalami kemandulan,?? Apa berpengaruh dgn kualitas sperma saya,??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.Apakah maksud Anda hanya terdapat satu testis pada kantung skrotum? 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Namun jika Anda yakin bahwa teraba benjolan di pangkal testis, bisa jadi itu merupakan testis yang tidak turun ke tempat seharusnya atau undescendan testis/ kriptokismus, dimana testis tidak turun ke tempat seharusnya yaitu di skrotum. Namun untuk menegakkan diagnosis ini, saya sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis urologi. 

Sedangkan mengenai kemandulan, hal tersebut belum tentu terjadi. Anda tidak akan mandul bila testis yang hanya satu tersebut dapat menghasilkan sperma yang normal dan dalam jumlah yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar