Sukses

Bintik Gatal di Tubuh Anak

13 Mar 2015, 14:27 WIB
Pria, 46 tahun.

Anak sy umur 3 th,diseluruh tubuhnya muncul bintik2 kecil yg gatal2.mulanya ada seperti kurap lalu sy obati dg kalpanax krim.lalu munculah bintik2 itu yg makin lama bertambah banyak.apa sebab dan obatnya ya dokter?

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dan lain-lain. 

Perlu diketahui bahwa bintik merah dan gatal hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Bintik merah dan gatal yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh alergi, infeksi (jamur, virus, bakteri, parasit) atau sebab lain dimana pengobatan dari masing-masing diagnosa tentunya sangat berbeda. Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah terdapat obat, kondisi atau benda tertentu yang mencetuskan timbulnya keluhan?

Bintik gatal pada anak dapat pula disebabkan oleh biang keringat. Biang keringat memang sering sekali ditemui pada semua umur, khususnya bayi dan anak kecil. Biang keringat atau sering disebut miliaria adalah kelainan kulit akibat retensi keringat, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat pada kulit Anda, memang memerlukan pemeriksaan langsung. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui. 

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

  • Miliaria Kristalina

  • Miliaria Rubra

  • Miliaria Profunda

Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik. Anda juga dapat memberikan bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. 

 

Kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan dapat diketahui Ujud Kelainan Kulit (UKK). Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar