Sukses

Batuk Berdarah = TBC ?

13 Mar 2015, 14:55 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ass, selamat sore dok. Saya mau bertanya, kemarin setelah saya periksa ke dokter ternyata saya terkena gejala thipus, setelah 3 hari alhamdulillah kondisi saya lumayan membaik, namun pada hari berikutnya saya batuk, yang kemudian batuk berdarah, selama 2 hari, ke esokan harinya saya tidak batuk berdarah lagi, akan tetapi besoknya saya batuk berdarah lagi. selama itu saya sering merasakan sekali mudah lelah dan nafsu makan berkurang. mohon untuk penjelasannya dok, apakah saya terkena penyakit TBC? Terimakasih...

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk atau lebdir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa, beberapa penyakit seperti flek pada paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis), apabila anda perokok dapat disebabkan oleh peradangan pada paru atau saluran pernafasan. 

Pada daerah endemis seperti di Indonesia, banyak sekali yang terinfeksi oleh Tuberkulosis atau sering disebut flek. Ada beberapa gejala yang sering muncul bersamaan yaitu, keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, batuk yang cukup lama, serta berkurangnya nafsu makan dan anggota keluarga atau tentangga yang terkena penyakti flek. Apakah benar Anda sudah dinyatakan sembuh? Apakah ada komplikasi pada paru yang muncul? Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan rontgen paru lagi? 

Kami menganjurkan apabila Anda merokok untuk diberhentikan, konsumsi telur, konsumsi air putih yang banyak, berjemur dan yang paling penting adalah periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru-paru atau penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut keadaan anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar