Sukses

Keluar Menstruasi saat masa Nifas

15 Sep 2015, 20:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya seorang ibu yang baru saja melahirkan anak secara normal pada tanggal 6 januari 2015. Tetapi anak yang ada dikandungan meninggal karena pembuluh darah di tali pusar pecah (IUFD), nah saat ini saya dalam masa nifas. Nah yang jadi pertanyaan, saat ini saya keluar darah berwarna merah seperti mens dan keluar banyak seperti saat mens deras. Tapi biasanya hanya berlangsung 2 - 3 hari saja waktu mens biasa, nah saat ini saya sudah berlangsung 5 hari, apakah ini normal atau perlu di konsultasikan ke dokter yang menangani saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. 

Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kembali dalam dalam 20 minggu setelah melahirkan. Karena anda tidak menyusui, Kami menduga kesuburan Anda telah kembali dan darah yang keluar merupakan siklus menstruasi yang normal.  

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Bila Anda ragu, anda dapat kembali memeriksakan diri kepada dokter kandungan Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk informasi tambahan, kami sertakan artikel:

Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan

Berolahraga Setelah Melahirkan

5 Info Seputar Menyusui

4 Tips Tubuh Oke dengan ASI Melimpah

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar