Sukses

Membedakan Darah Implantasi dengan Darah Haid

04 Oct 2015, 11:35 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya ingin bertanya saya baru menikah tgl 12 oktober 2014 dan itupun saya baru selesai haid namun saya haid lagi pada tgl 29 oktober – 4 November (berarti haid utk bulan November), tgl 28 November – 5 desember (berarti haid utk bulan desember), tgl 31 desember – tgl 6 januari (berarti haid utk bulan januari) , tetapi pada tgl 17 januari – tgl 19 januari saya haid lagi namun darah pertama merah muda dan seterusnya kecokelatan. apakah itu disebut implantasi? lalu kapan saya bisa tahu bahwa saya hamil atau belum karena dari selesai haid tgl 19 januari sampai sekarang tgl 6 februari saya belum haid lagi tapi perut dibagian bawah saya mengalami keram dan payudara saya agak besar dan sakit sudah hampir 1 minggu padahal sejak saya usia 20 tahun saya sebelum haid tidak mengalami kram dan sakit di payudara hanya saat masih duduk dibangku sekolah saya mengalaminya. dan yang saya rasakan sekarang ini adalah perut bagian bawah sakit,payudara sakit, lelah yg sangat, mengantuk yg sangat, meriang batuk pilek tapi badan tidak panas dan saya belum terasa mual. perut terasa begah. mohon penjelasannya, terima kasih banyak.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com. 

Pada umumnya darah yang keluar saat implantasi hanya berlangsung sebentar dengan jumlah yang sedikit dan tidak berbentuk gumpalan. Jika telah berlangsung berhari-hari dan harus mengunakan pembalut untuk menambung darah yang keluar, maka kondisi tersebut lebih mengarah kepada darah menstruasi.

Darah implantasi terjadi jika telur yang dilepaskan dari ovarium bertemu dengan sperma, membentuk zigot, dan menempel/berimplantasi di dinding rahim. Hal ini umumnya terjadi 10-14 hari setelah pembuahan/setelah ovulasi. Jika darah yang keluar dari vagina bertepatan dengan jadwal menstruasi Anda, berarti darah tersebut adalah darah menstruasi, bukan darah implantasi. Karena jika implantasi terjadi, Anda tidak akan mendapatkan menstruasi, dan sebaliknya.

Untuk memastikan kondisi Anda saat ini, sebaiknya anda langsung memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar