Sukses

Batuk Hingga Kepala Terasa Sakit

06 Feb 2015, 12:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Awalnya sy flu, pas sembuh, sy batuk dan biasa klo batuk keras ada darah cair yg keluar. Tenggorokanku terasa pedis. Juga sakit kepalaku klo lg batuk. Mohon bantuannya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Bila Anda sedang mengalami batuk, maka berarti Anda sedang menderita infeksi saluran nafas. Batuk yang menyebabkan kepala terasa sakit berarti terdapat peningkatan tekanan intrakranial (tekanan didalam kepala) akibat kencangnya rangsang batuk yang dirasakan. Penyebab keluarnya darah pada saat batuk juga berkaitan dengan kencangnya batuk yang dialami, hal ini adalah akibat dari iritasi saluran pernapasan. Sedangkan sakit pada bagian perut atas adalah tanda bahwa terdapat spasme / ketegangan otot diafragma akibat batuk yang ekspulsif. 

Untuk menangani penyakit Anda, kami sarankan Anda mendatangi dokter secara langsung agar dilakukan pemeriksaan yang lengkap dan obat yang diberikan dapat disesuaikan. Apakah terdapat dahak kuning-kehijauan? Bila Ya, maka Anda sudah membutuhkan pengobatan antibiotik selain pengobatan antitusif. Selain itu perlu diperhatikan apakah batuk sudah lebih dari 1 bulan? Adakah penurunan berat badan? Adakah keringat malam dan demam tidak terlalu tinggi? Adakah riwayat keluarga dengan pengobatan batuk selama 6 bulan? Bila ada, maka hal ini terkait dengan penyebab batuk berdarah yaitu tuberkulosis paru. Periksakanlah diri Anda agar mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar