Sukses

Gigi Dapat Tumbuh Lagi ?

06 Feb 2015, 10:26 WIB
Wanita, 12 tahun.

dok....saya mau bertanya, gigi geraham saya kan bolong dan apabila saya mencabut nya ke dokter apakah gigi geraham saya bisa tumbuh kembali dok ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda.  Pada gigi yang mengalami kerusakan atau berlubang tidak boleh dibiarkan dan harus ditangani dengan bantuan dokter gigi. Terapi yang dibutuhkan baik penambalan maupun pencabutan baru dapat ditentukan dan dilakukan setelah dokter memeriksa keadaan gigi Anda. Bila memang kerusakan gigi menyebabkan gigi tidak dapat lagi dipertahankan dalam rongga mulut maka gigi tersebut harus dicabut agar tidak beresiko menimbulkan infeksi.

Gigi tetap yang telah dicabut tidak dapat tumbuh kembali sehingga harus digantikan dengan gigi palsu agar fungsi pengunyahan tetap bisa dijalankan, namun bila gigi yang dicabut adalah gigi susu maka gigi tersebut akan digantikan oleh gigi tetap. Pencabutan pada gigi yang sudah berlubang besar atau tinggal akar gigi saja sebetulnya tidak masalah, asalkan gigi tersebut normal. Maksudnya bentuk akar gigi normal, dan tidak dalam keadaan sakit atau gusinya bengkak. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar