Sukses

Tidak Ada Testis

13 Feb 2015, 12:29 WIB
Pria, 20 tahun.

langsung saja kepertanyaan saya dok, usia saya 20tahun dan saya tidak memiliki testis, apakah ini berbahaya? saya khawatir dengan kesuburan saya kelak, mohon bantuanya do, terimakasih ..

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kami memamhami kekhawatiran yan Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang Undescended testis (UDT). Undescended testis atau cryptorchidism adalah salah satu kelainan yang paling sering terjadi pada bayi laki-laki. Pada kelainan ini, testis tidak terletak di dalam skrotum. Angka kejadiannya yaitu pada 4-5% bayi laki-laki dengan umur kehamilan yang cukup, dan 20-33% pada bayi laki-laki prematur. Terjadinya kelainan dari kontrol hormon atau proses anatomi yang diperlukan dalam proses penurunan testis secara normal dapat menyebabkan UDT.

UDT dapat dibedakan menjadi palpable (teraba) dan nonpalpable (tidak teraba). Diagnosis UDT dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik. Namun, jika testis tidak teraba, laparoskopi dapat dilakukan untuk menentukan posisi testis. Terapi hormonal untuk mengatasi UDT masih dalam kontroversi. Tindakan yang sering dilakukan adalah pembedahan yang disebut orchidopexy.

Tentu penundaan operasi adalah hak pasien karena pertimbangan tertentu, namun perlu diingat adalah bahwa jika operasi ditunda tentu ada risiko dan rasa nyeri dan tidak nyaman yang Anda alami juga akan terus berlangsung. Keadaan ini dapat mempengaruhi jumlah sperma dan kesuburan.

Kami anjurkan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter specialis urologi untuk pemeriksaan langsung.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan reproduksi untuk Anda baca:

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar