Sukses

Pilek Tak Kunjung Sembuh

06 Feb 2015, 10:17 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya mau tanya, saya terkena pilek udah 11 hari ini gak sembuh2, kalau mau beli obat di apotek, namanya apa ya dok.? sama resepnya... trimakasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekahawatiran yang Anda rasakan. Sebijaknya sebelum menentukan suatu diagnosis dan memberikan pengobatan harus dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh terlebih dahulu oleh dokter. 

Sebelumnya izinkan kami menanyakan beberapa pertanyaan. Apakah sebelumnya Anda sering mengalami pilek yang lama sembuh? apakah Anda sering bersin di pagi hari? apakah terdapat pemicu pilek? apakah Anda memiliki riwayat alergi? apakah disertai hidung tersumbang? batuk? demam?Apa warna lendir pilek Anda?  Bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda sering lelah? 

Pilek dapat merupakan suatu gejala dari ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) atau alergi.  Bila disebabkan oleh infeksi maka dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. 

Jika keluhan pilek sudah lama Anda rasakan, bisa jadi penyebabnya adalah alergi. Pada rinitis alergi, perlu dicari apa yang menyebabkan terjadinya alergi tersebut dan dilakukan penghindaran agar kejadian alergi tidak terjadi berulang-ulang. Mungkin penyebab pilek Anda belum sepenuhnya terhindari atau ada hal lain yang menyebabkan pilek Anda. Apakah Anda tidur di ruangan ber-AC? Apakah AC sudah dibersihkan? 

Untuk pilek karena alergi kemungkinan sering kambuh di pagi hari, atau di saat udara dingin atau perubahan cuaca. Coba saja teruskan teknik tersebut untuk beberapa hari dan perbanyak istirahat. Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk pilek seperti anti-histamine atau pseduoefedrine. 

Bila memang belum sembuh maka kemungkinan juga disebabkan oleh infkesi bakteri. Namun infeksi ini ditandai dengan demam, reak/pilek bewarna hijau, sesak, batuk yang berat, dan perburukan kondisi. Bila terjadi hal ini maka diperlukan antibiotik. 

Kami sertakan artikel berjudul Rinitis Alergi/Alergi HidungRinitis Alergi untuk informasi selengkapnya. Jika, keluhan bersin-bersin dan seperti flu tidak menghilang juga maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Kami sertakan juga beberapa artikel yang dapat menambah wawasan Anda mengenai keluhan Anda:

6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh

Atasi Pilek dan Masuk Angin Secara Alami

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar