Sukses

Kaki Bengkak Pada Penderita Sakit Jantung

02 Oct 2015, 19:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, mama saya kakinya bengkak tapi kambuhan dok. Dan mama juga punya darah tinggi, setelah beberapa kali kambuh dan beberapa kali ke dokter baru ketauan skrg katanya mama penyumbatan jantung. Bagaimana solusinya kalau rawat dirumah dok? Apakah harus rawat inap dirumah sakit?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Saat ini kondisi ibu anda mengalami pembengkakan pada kedua kaki dengan riwayat penyumbatan jantung. Kami menduga gangguan jantung yang ibu Anda alami mengalami perburuhkan dimana kondisi tersebut mengarah kepada gejala gagal jantung.

Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung. Manifestasi dari gagal jantung adalah sesak, mudah lelah, retensi cairan yang dapat mengakibatkan kongesti pulmoner (paru terisi cairan), tidur dengan posisi tinggi (dengan 2 atau 3 bantal) dan edema perifer (bengkak pada kaki).

Namun hal ini masih berupa dugaan yang perlu diperkuat dengan serangkaian pemeriksaan medis, mulai dari rekam jantung, echocardiogram, rontgen dada, dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Bila setelah dilakukan pemeriksaan memberikan hasil positif ibu Anda mengalami gagal jantung, maka Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam yang telah menangani ibu Anda sebelumnya perihal terapi apa yang perlu ibu Anda jalani. Tidak semua penderita gagal jantung harus dirawat dirumah sakit. Hal ini didasarkan kepada derajat beratnya penyakit yang diderita.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar