Sukses

Penyebab Gigi Tidak Rapih

09 Feb 2015, 15:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dear dokter.. sy ingin menanyakan tentang gigi yg di behel... Kenapa pada gigi yg di behel terjadi perbedaan warna?? Apakah perbedaan warna tersebut bisa diatasi setelah progam behel selesai?? Lalu apa solusinya?? Kemudian, rapi tidaknya gigi disebabkan karena apa saja dok?? Apakah keturunan juga mempengaruhi?? Mohon jawabannya dokter Terima Kasih ????

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Perubahan warna gigi pada proses perawatan behel atau perawatan orthodonti dapat disebabkan oleh bahan perekat alat orthodonti tersebut ke gigi dan perubahan warna yang terjadi ini dapat diatasi dengan perawatan pemutihan gigi atau dental bleaching. Posisi gigi yang bermasalah/maloklusi ini dapat diatasi dengan perawatan orthodonti atau kawat gigi dengan bantuan dokter gigi atau dokter gigi spesialis. Penyebab dari posisi gigi yang tidak rapih atau mengalami maloklusi adalah 

  • Faktor luar/eksternal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi posisi gigi ini dipengaruhi oleh faktor yang berasal bukan dari dalam rongga mulut seperti keadaan metabolik tubuh yang dapat berpengaruh terhadap posisi gigi seperti gangguan metabolism dan ketidakseimbangan kelenjar endokrin,  kekurangan nutrisi/malnutrisi, Terdapat kebiasaan jelek yang dilakukan terkait dengan rongga mulut, trauma/benturan/cedera, penyakit-penyakit tertentu, herediter, kelainan pertumbuhan atau perkembangan pada masa postnatal dan prenatal, kelainan konginetal.

  • Faktor dalam/internal.

Keadaan yang termasuk pada faktor dalam yang menyebabkan terjadinya kelainan pada posisi gigi adalah kelainan dalam bentuk anatomi gigi, gigi berlubang,  kelaianan dalam ukuran gigi, tanggalnya/lepasnya gigi susu sebelum waktunya, tidak memiliki benih gigi tetap, kelainan pada frenulum labii, jumlah gigi yang lebih banyak dari jumlah normal, gigi susu yang tidak kunjungn lepas melewati waktu lepasnya, arah tumbuhnya gigi tetap yang tidak benar dan kelianan pada akar gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar