Sukses

Gigi Anak Patah

14 Feb 2015, 12:38 WIB
Wanita, 40 tahun.

halo dok, anak saya 2 thn, gigi depannya patah krn terjatuh, hingga memperlihatkan daging dibawah sisa gigi yang masih ada. dokter gigi mengatakan itu gak bs di cabut dan nantinya akan sembuh, tp dalam 2 bln ini setiap daging di bawah sisa giginya tersentuh akan mengeluarkan darah, setiap kali makan saya upayakan tdk lewat depan,tp dari samping mulut dgn menggumpalkan makanannya agar mudah disuapkan dengan tangan, apakah sisa giginya bs dicabut, klu tdk bs,apa bs dibungkus sengan lapisan gigi palsu? terima kasih atas jawabannya

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi anak Ibu dan memahami kekhawatiran Ibu.  Gigi anak yang terjatuh hingga memperlihatkan suatu substansi menyerupai daging yang terlihat dari dalam gigi menunjukkan bahwa gigi tersebut patah hingga mencapai jaringan pulpa gigi. Substansi menyerupai daging yang Anda lihat kemungkinan adalah jaringan saraf dan pembuluh darah yang mensuplai gigi tersebut. Secara Umum Perawatan pada gigi anak yang mengalami fraktur atau patah tersebut sangat bervariasi. Beberapa faktor yang berperan dalam penentuan rencana perawatannya antara lain adalah:

1. Usia anak. Apabila gigi yang mengalami fraktur tersebut merupakan gigi susu, dan anak berada dalam rentang usia di mana gigi tersebut akan segera digantikan dengan gigi tetap, maka akan lebih baik untuk melakukan pencabutan gigi fraktur tersebut untuk memfasilitasi pertumbuhan gigi tetap penggantinya.

2. Perluasan fraktur gigi. Untuk mengetahuinya, diperlukan pemeriksaan radiografi yang akan memperlihatkan apakah ada garis-garis fraktur lain yang tidak terdeteksi secara klinis, misalnya fraktur pada akar gigi. Bila terdapat fraktur pada akar gigi, maka gigi tidak akan dapat lagi dipertahankan, sehingga memerlukan pencabutan gigi.

3. Kondisi akar gigi. Hal ini khususnya berlaku pada gigi tetap. Pada gigi tetap yang telah dimiliki anak usia 6 tahun keatas mengalami fraktur hingga mencapai pulpa, ada baiknya dilakukan pemeriksaan radiografi guna mengetahui apakah akar gigi tetap tersebut telah terbentuk sempurna atau belum. Sebab hal tersebut akan menentukan jenis perawatan endodontik atau perawatan saluran akar gigi yang diperlukan untuk mempertahankan gigi tersebut.

Melihat usia anak Ibu yang masih 2 tahun maka hal ini akan menjadi pertimbangan utama untuk melakukan perawatan yang tertentu, karena pada usia ini tidak banyak pilihan tindakan yang dapat dilakukan untuk merawat gigi anak yang bermasalah. Sebaiknya Ibu konsultasikan kondisi gigi anak Ibu ke dokter gigi spesialis gigi anak.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar