Sukses

Tips Mengatasi Strechmark

07 Mar 2015, 21:38 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mu tanya, riwayat sya sebelum'nya 5bulan yang lalu BB sy 43 sya ingin gemuk mk sy mgkonsumsi obat dok, lalu 4bln kmdin sya naik 6klo, tpi keluhan sy 1blun Kmrin kulit sy mulai dri paha smpai pantat trdpt kulit bergaris bnyk dok, tpi sya sblmny jg pakai handbody bwt pemutih kulit dok, bgimna mgatasi striae sy dok? Apa krna BB naik atau handbodynya dok, Sy blm menikah.trimksh dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Guratan atau stretch mark terjadi karena peregangan kulit yang berlebihan dalam waktu singkat seperti pada kehamilan, pada peningkatan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat, atau akibat pemakainan obat steroid sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Munculnya stretch mark dipengaruhi oleh genetik atau keturunan. Pada kasus Anda bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh peningkatan berat badan yang cukup cepat. 

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit. Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Beberapa piliha terapi untuk stretchmark diantaranya:

  1. Krim tretinoin
    Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.

  2. Terapi Laser
    Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.

  3. Mikrodermabrasi
    Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk terapi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel mengenai stretchmark:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

 

    1 Komentar

    • Darti Fatimah

      Thanks infonya :) memang lama ya untuk menghilangkan strechmark dengan menggunakan bahan yg alami butuh proses waktu yg cukup lama dan harus rutin juga . Well, aku akhirnya Treatment Strechmark Therapy di The Clinic Beautylosophy dengan menggunakan Laser Fractional. So far strechmark ku tersamarkan