Sukses

Mengantuk Setelah Minum Kopi

03 Oct 2015, 13:59 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat sore dok Mohon penjelasannya, apakah suatu kelainan ketika saya meminum kopi saya malah ngantuk. Berbeda dengan orang lain dimana setelah meminum kopi justru terjaga. Trimakasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Apakah pasti kopi yang Anda konsumsi mengandung kaffein, dan tanpa gula?

Mengantuk adalah salah satu panggilan alarm alamiah tubuh ketika tubuh meminta haknya untuk beristirahat. Namun beda keadaannya jika ditemukan kondisi selalu mengantuk setiap setelah mengkonsumsi kopi.

Dalam kopi terkandung kaffein yang dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh sehingga tubuh tetap terjaga. Namun, efek ini tentunya tidak segera muncul. Dibutuhkan waktu dalam hitungan menit hingga jam agar efek kaffein muncul dalam tubuh.

Beda ceritanya bila kopi yang anda konsumsi adalah jenis minuman instan (yang belum jelas komposisinya) atau menggunakan banyak gula. Gula dapat diserap oleh tubuh secara cepat. Adanya peningkatan kadar gula darah merangsang pengeluaran insulin. Insulin ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang akan membanjiri otak – kedua substansi ini berkaitan dengan rasa lemas dan mengantuk. Hal ini lah yang dapat menjelaskan kondisi yang Anda alami tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar