Sukses

Botol Plastik Dapat Menyebabkan Kanker

10 Jun 2015, 18:05 WIB
Pria, 40 tahun.

Sore Dokter.. Mengenai rubrik penggunaan botol plastik dapat mengakibatkan kanker, saya ingin menanyakan apakah botol dan media penyimpanan merk Tupperware aman ataukah sebaliknya? mohon penjelasannya..Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, Agar terhindar dari bias promosi dan tetap menjaga kode etik kedokteran mengenai produk yang Anda sebutkan kami tidak bisa menjawabnya di forum ini.

Dalam artikel tersebut, yang dimaksudkan sebagai pemicu kanker adalah apabila anda menggunakan botol minuman kemasan plastik secara berulang, dimana botol dengan bahan tersebut hanya diperbolehkan digunakan untuk satu kali dan tidak boleh berulang-ulang, apalagi jika menyimpannya disuhu lingkungan.

Namun hal ini masih merupakan dugaan. Dari kesimpulan hasil penelitian tersebut dikatakan, penggunaan botol plastik yang berulang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak dibersihkan secara steril yang dapat berakibat mengkomsumsi bakteri-bakteri pathogen. penggunaan botol plastik secara berulang hingga kini belum dibuktikan akan menyebabkan kanker, dan menurut badan FDA di amerika penggunaan botol plastik yang berulang masih aman digunakan asal dibersihkan secara teratur dan baik.

Sedangkan untuk wadah penyimpanan yang berbahan dasar plastik, yang direkomendasikan oleh FDA (Food and drug administration) di amerika, adalah botol plastik yang berbahan dasar PET (polyethylene terephthlate), dimana bahan ini telah memenuhi di dalam standar penggunaan botol untuk menyimpan makanan dan minuman (penelitian di Amerika), dan telah memberikan izin kepada produsen-produsen makanan dan minuman untuk menggunakannya baik untuk penggunaan sekali ataupun berulang kali.

Namun mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Oleh karena itu sebaiknya anda tetap menghindari penggunaan botol minuman berbahan plastik secara berulang. Dan telitilah dalam memilih wadah penyimpanan yang berbahan dasar plastik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar