Sukses

Tidak Punya Testis

03 Oct 2015, 20:14 WIB
Pria, 35 tahun.

siang dok, adek saya berusia 15 tahun dan ternyata dia tidak memiliki testis, apakah ini akan mempengaruhi kesuburannya kelak?mohon bantuannya dok, terimakasih ...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti akan kekhawatiran Anda. Testis yang belum ada di tempatnya dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism / undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Dokter perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk membedakannya.

Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum. Pada cryptorchidism / undesensustestes, testes akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan, adik Anda melakukan kunjungan ke dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut dan pengambilan keputusan terhadap penanganan yang paling tepat.

Untuk kemungkinan memiliki keturunan harus dilakukan uji kualitas sperma untuk mengetahui kesuburan adik Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar