Sukses

Jenis Maag Yang Diderita

12 Feb 2015, 12:20 WIB
Pria, 46 tahun.

dok mau tnya ni.. saya kan punya penyakit maag, keluahan saya, badan terasa panas, di bagian perut dan juga dada, dan kadang nafas sesak, detak jantung cepat, dan merasakan cemas, kira maag yg saya deirta akut/kronis atau biasa dok..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda pernah berobat ke dokter sebelumnya? Penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung berlebihan sehingga asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung. Tingginya asam lambung ini yang menyebabkan penderita akan merasa perih pada bagian lambungnya. Produksi asam lambung ini dapat meningkat terutama jika dipicu oleh:

  1. kondisi stres,
  2. terlambat makan, dan
  3. mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi asam lambung

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu peningkatan asam lambung sekaligus dapat memperparah kondisi penyakit maag Anda. Adapun daftar lengkap makanan tersebut dapat Anda temukan pada artikel yang telah kami buat: 

Selain mengurangi konsumsi makanan di atas, berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi maag :

  1. Hindari rokok dan asap rokok
  2. Hindari stress
  3. Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
  4. Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  5. Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
  6. Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  7. Jangan berbaring setelah makan
  8. Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  9. Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  10. Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki penyakit maag.

Untuk pengobatan, Anda dapat mengonsumsi obat antasida untuk meredakan gejala. Antasida merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasida biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPI seperti omeprazole atau lansoprazole. 

Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut keluhan tidak berkurang, serta untuk menentukan diagnosis dari keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik diagnostik, serta untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda. Kondisi akut dan kronis suatu penyakit bergantung pada waktu timbulnya keluhan penyakit. Akut menggambarkan perjalanan penyakit yang cepat, biasanya terjadi dalam hitungan jam sampai hari, sementara kronis bicara mengenai perjalanan penyakit yang progresinya panjang dan cenderung lebih lambat dalam perburukannya. Akan diperlukan wawancara medis mendetail mengenai riwayat penyakit Anda dan keluhan saat ini. Beberapa jenis pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat adakah infeksi H.pylori, urea breath test, pemeriksaan endoskopi lambung, atau lainnya juga mungkin diperlukan sesuai dengan diagnosis Anda. 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar