Sukses

Sakit Setelah Mencabut Gigi Geraham Bungsu

05 Feb 2015, 15:33 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya baru odontektomi. Bagai mana cara menghilangkan nyeri ngilu pasca odontektomi, trims

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Paska odontektomi, umumnya pasien akan merasakan ketidaknyamanan, disertai rasa sakit dan pembengkakan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar dan biasanya rasa sakit sedikit-demi sedikit akan semakin berkurang dari hari ke hari. Dan rasa sakit ini dapat diatasi dengan obat analgetik, minumlah obat yang telah diresepkan oleh dokter gigi Anda secara teratur dan sesuai dosisnya.

Pada beberapa kasus pasien dapat mengalami komplikasi yang disebut dry socket atau alveolar osteitis, yang merupakan bentuk komplikasi yang cukup sering terjadi paska odontektomi. Kondisi ini terjadi karena rusak/lepasnya bekuan darah yang telah terbentuk di soket bekas gigi yang sudah dicabut. Akibatnya tulang alveolar terekspos, dan proses penyembuhan terhambat.

Gejala dry socket diantaranya adalah rasa sakit yang sedang hingga berat, seringkali sakitnya berdenyut tajam. Rasa sakit tsb dapat terlokalisir/terbatas pada daerah gigi yang sudah dicabut, namun dapat juga menjalar pada telinga dan mata pada sisi yang sama dengan gigi yang baru dicabut/odontektomi.

Untuk perawatan dry socket umumnya tidak mempan hanya dengan meminum analgesik (obat penghilang rasa sakit) saja. Pasien disarankan untuk kembali ke dokter gigi yang melakukan pencabutan, yang dapat mengatasi dry socket dengan mengirigasi/membersihkan soket tersebut dengan larutan saline, atau hidrogen peroksida 3 % bila sudah terjadi infeksi. Setelah itu soket akan ditutup dengan "dressing" yang mengandung medikamen, yang akan diganti secara berkala. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar