Sukses

Penanganan TB kelenjar

03 Oct 2015, 20:45 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat siang dokter,kalo TB (kelenjar) benjolan dileher berpindah turun,jadi lembek dan membesar,apakah diharuskan ada tindakan operasi?dan apabila tidak dioperasi,apakah berbahaya?karena saya coba periksa ke 2 rmh sakit berbeda,yg satu harus operasi,tp pendapat dari RS yg satunya lagi tdk perlu di operasi! mohon jawabannya,terima kasih!

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelenjar getah bening merupakan organ kelenjar yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh, jika terjadi infeksi maka dapat terjadi pembesaran pada kelenjar tersebut. Pembesaran kelenjar getah bening pada daerah leher dapat disebabkan oleh banyak hal misalkan infeksi saluran napas atas atau infeksi oleh kuman tuberkulosis. Limfadenitis TB atau limfadenitis tuberkulosis atau tuberkulosis kelenjar merupakan infeksi kelenjar getah bening oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

Setelah diagnosis tegak, maka Anda perlu mendapatkan pengobatan tuberkulosis agar infeksi tidak menyebar dan semakin parah sehingga dapat menyebabkan luka pada kulit. Umumnya pengobatan dilakukan selama 6 bulan dengan regimen dan dosis yang sama. Apakah Anda sudah berdiskusi dengan dokter Anda terkait dosis obat yang Anda terima?

Tindakan pembedahan dalam penanganan TB Kelenjar tentunya memiliki pertimbangan sendiri tergantung dari kondisi penyakit anda saat ini. Kami tidak dapat memastikannya tanpa pemeriksaan secara langsung.

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Anda agar mendapat penjelasan yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar