Sukses

Mengatasi Kulit Kasar dan Kering

13 Mar 2015, 11:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok. Bagaimana cara mengatasi kulit kasar, pecah2, dan kering. Terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kulit kasar dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kulit yang keriput, kasar, kusam dan bernoda serta keriput dapat merupakan pertanda terjadinya penuaan dini. Hal kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, di luar faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). 

Seiring dengan pertambahan usia, juga terdapat beberapa perubahan pada struktur kulit seseorang, sehingga kulit akan cenderung lebih kering dan kurang elastis. Selain itu, berbagai bahan iritan akan lebih mudah mengiritasi kulit. Akumulasi dari pajanan bahan-bahan tersebut dalam waktu yang cukup lama pada akhirnya dapat menyebabkan kulit menebal, kering, bahkan retak menimbulkan luka.

Pada kondisi ini, kelembaban kulit menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari kekeringan antara lain adalah:

  • Menghindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa,
  • Hindari mandi menggunakan air panas,
  • Hindari tindakan menggosok kulit (misal: sabun yang menggunakan dengan scrub, saat mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • Gunakan lotion yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar.
  • Cukupi konsumsi cairan Anda, minum air setidaknya 2-3 Liter per hari agar tubuh dan kulit pun tidak dehidrasi

?Kemudian dalam perawatan wajah yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah dengan sabun yang sesuai dengan kulit Anda 3x/hari.

  • Kemudian oleskan krim tabir surya pada pagi hari setiap kali bepergian ke luar rumah.
  • Oleskan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit. 
  • Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit 
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, makan buah-buahan dan sayur mayur atau mengonsumsi suplementasi vitamin.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainan kulit sehingga diagnosis dapat lebih mudah ditegakkan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar