Sukses

Efek Samping KB Suntik

04 Oct 2015, 08:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya,setelah nifas sy langsung haid 1minggu..setelah beres haid sy langsung ke bidan untuk di suntik kb yg 3bulan.. keesokan harinya keluar bercak darah berwarna coklat selama 3hari besoknya saya keluar darah biasa seperti haid sampai sekarang sudah 8hari belum berhenti. Apa efek samping dari kb ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Kami menduga apa yang anda alami saat ini berhubungan dengan respon tubuh Anda terhadap suntikan KB yang diberikan. Apabila anda merasa khawatir atau terganggu oleh efek samping tersebut, maka berdiskusilah lebih lanjut mengenai pilihan KB lain yang dapat Anda pilih, sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Untuk membantu anda dalam pemilihan metode kontrasepsi, anda daapat mengakses artikel kami berikut ini;  Memilih KB yang Tepat

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar