Sukses

Penanganan Fistula Ani

06 Feb 2015, 11:23 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok fistula ani ada obatnya gk dok klo ada obatnya apa y dok? Trs katanya obat jelly gamat bsa nyembuhin bnrn gk dok? Tlng pnjelasanya y dok Trims

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Untuk penanganan fistula ani biasanya bergantung dari beratnya kasus fistula ani tersebut. Biasanya dilakukan operasi / pembedahan untuk menangani kasus fistula ani, dan frekuensi pembedahannya pun sangat bervariasi tergantung dari kondisi fistula tersebut. Terapi pembedahan terdapat berbagai metode, antara lain Fistulotomi, Fistulektomi, Seton, Advancement Flap atau Fibrin glue. 

Mengenai produk yang Anda tanyakan, sayang sekali kami tidak dapat memberikan pendapat mengenai suatu produk untuk menghindari bias promosi kepada pihak / institusi / badan usaha / individu, dimana berpotensi bertentangan dengan Etika Profesi Kedokteran. 

Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai fistula. Fistula adalah semacam saluran terowongan yang menghubungkan bagian tubuh tertentu dengan dunia luar. Fistula dapat terjadi jika terjadi kerusakan kulit atau infeksi yang menjalar ke dalam kulit. Walaupun fistula yang terjadi pada setiap orang belum tentu sama besar dan ukurannya. Pada permukaan kulit bisa terlihat satu atau lebih lubang fistula, dan dari lubang fistula tersebut dapat keluar nanah ataupun kotoran saat buang air besar. Terdapat berbagai jenis fistula, mulai dari yang simple hingga fistula kompleks yang bercabang cabang dan melibatkan otot sphincter ani (otot yang mengatur proses defekasi).

Fistula ani sering terjadi pada laki laki berumur 20 – 40 tahun, berkisar 1-3 kasus tiap 10.000 orang. Sebagian besar fistula awalnya terbentuk dari sebuah abses (tapi tidak semua abses menjadi fistula). Sekitar 40% pasien dengan abses akan terbentuk fistula.

Pasien biasanya mengeluhkan beberapa gejala yaitu :

  • Nyeri, yang bertambah pada saat bergerak, defekasi, dan batuk.

  • Keluar darah atau nanah dari lubang fistula.

  • Iritasi atau ulkus di kulit di sekitar lubang fistula.

  • Gatal sekitar anus dan lubang fistula.

  • Demam, dan tanda tanda umum infeksi.

Pada pemeriksaan fisik pada daerah anus, dapat ditemukan satu atau lebih fistula di bawah permukaan. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mengetahui penanganan yang optimal sesuai dengan keluhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar