Sukses

Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

06 Feb 2015, 12:02 WIB
Pria, 45 tahun.

Yth Dokter, Anak saya (perempuan, 5 thn) seminggu lalu demam dan seing kencing, dengan jarak waktu setengah sampai satu/dua jam. Kami membawanya ke dokter, dan diberikan obat antibiotik dan obat demam dengan kecurigaan infeksi saluran kencing. Kami juga disuruh periksa urine di lab (kultur dan sedimen) dengan hasil lab: kultur : tidak ada pertumbuhan kuman yang signifikan sedimen: eritrosit 2-5 lekosit 3-7 silinder negatif kristal negatif epitel biasa 1-3 epitel tubulus negatif yeast negatif bakteri negatif lain-lain egatif Anak kami sudah tidak demam lagi sekarang, tapi masih sering kencing (bisa belasan kali perhari) walaupiun tidak seperti sebelumnya. Dok sakit apa anak saya? Dan bagaimana mengobatinya? Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besanya

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Salam kami untuk anak Anda tercinta! 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan pada anak Anda adalah demam, sering BAK. Hasil sedimen urin ditemukan adanya lekosit 3-7 silinder. Dengan adanya sedimen lekosit pada urin anak Anda kemungkinan anak Anda mengalami infeksi saluran kemih. Anak perempuan memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih, hal ini dikarenakan pada perempuan uretra jauh lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Dan pada anak, gejala ISK sering disertai demam. 

Kami sarankan anak Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter anak Anda. Perbanyak asupan cairan pada anak. Apakah saat ini anak Anda masih memakai popok sekali pakai? 

Berikut pencegahan ISK agar tidak terulang lagi: 

 

  • Membiasakan kuntuk mengeringkan daerah vital dari depan ke belakang. Upaya pencegahan infeksi saluran kemih ini membantu mengurangi kemungkinan bakteri masuk ke dalam uretra. 
  • Membiasakan anak untuk buang air kecil secara teratur 
  • Menghindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat, terutama untuk anak perempuan. 
  • Sering mengganti popok sekali pakai setiap 2 jam sekali. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar