Sukses

Menstruasi di Umur 8 - 12 Tahun, Apakah Normal?

09 Feb 2015, 13:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Kalau umur 8-12tahun sudah mengalami mens, apa itu normal dan apa sebabnya?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terkait pertanyaan Anda, apakah normal umur 8-12 tahun sudah menstruasi? jawabannya normal di usia 10-12 tahun, untuk usia 8 tahun masih jarang terjadi. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai menarche. 

Menarche merupakan istilah menstruasi (haid) pertama, yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun atau pada masa awal remaja di tengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi, namun rata-rata terjadi pada usia 12 tahun. Menarche salah satu tanda bahwa remaja tersebut telah mengalami perubahan didalam dirinya dan juga disertai dengan berbagai masalah dan perubahan – perubahan baik fisik, biologi, psikologik maupun social.

Penyebab usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, sebab hal itu tergantung kepada berbagai faktor, yaitu:

  • Genetik (keturunan)
  • Nutrisi
  • Peningkatan berat badan saat usia anak-anak (overweight dan obesitas). Beberapa penelitian menjelaskan bahwa peningkatan indeks massa tubuh saat di masa kanak-kanak mempunyai keterkaitan dengan terlalu dininya menarche muncul pada seorang perempuan. Lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat memicu perubahan hormone insulin, leptin dan estrogen, dimana ketiga hormone ini dipercaya dapat berperan dalam perubahan waktu munculnya masa menarche yang disebabkan oleh gangguan obesitas tersebut.
  • Asupan protein yang meningkat. Asupan protein hewani yang sangat tinggi pada umur 3-7 tahun pada beberapa penelitain berhubungan dengan munculnya menarche lebih awal. Sebaliknya asupan protein nabati di umur 5-6 tahun berhubungan dengan lambatnya menarche. 
  • Asupan produk olahan susu yang tinggi juga dapat memicu munculnya menarche lebih dini.
  • Kurangnya asupan nutrisi yang bergizi 
  • Gemar konsumsi minuman gula bersoda

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar