Sukses

Pembengkakkan Konka Hidung

02 Oct 2015, 16:14 WIB
Pria, 45 tahun.

Anak saya, 9 thn, di-diagnosa mengalami pembengkakkan konka hidung. Mohon informasinya, bagaimana penanganan yang baik? Bagaimana membedakan pembengkakan konka dgn polip? Bila harus operasi, Apakah ada efek samping setelah pembedahan? Apakah operasi konda termasuk operasi berbahaya? Terimakasih sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Konka Hidung merupakan struktur/organ yang normal ada pada hidung bagian dalam. Terdapat 3 Konka pada masing-masing hidung. Konka merupakan tonjolan tulang-tulang yang membentuk hidung bagian dalam dan dilapisi oleh mukosa.

Konka biasanya mengalami pembengkakan apabila terjadi peradangan pada rongga hidung. Peradangan sendiri dapat terjadi akibat proses alergi, infeksi, atau cedera pad hidung.

Agar konka kembali mengecil perlu terlebih dahulu dasar penyebab pembengkakan tersebut. Apabila karena proses alergi, maka dilakukan terapi terhadap alergi yang terjadi. Demikian pula jika penyebabnya adalah infeksi atau cedera, atau penyebab lainnya.

Untuk itu, anda perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter yang menangani anak Anda mengenai penyakit apa yang sedang anak anda alami. Dengan demikian terapi dapat disesuaikan dengan penyebabnya. Dan umumnya dalam kasus pembengkakan konka akibat peradangan tidak sampai membutuhkan terapi pembedahan.

Berbeda dengan polip nasi, yaitu kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan. Pada polip nasi, apabila ukurannya besar (sehingga menyebabkan kelainan pada hidung) atau tidak respon terhadap obat-obatan, maka perlu dipikirkan tindakan pembedahan untuk mengatasinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar