Sukses

Efek Minum Kopi Bagi Jantung

05 Feb 2015, 13:19 WIB
Pria, 47 tahun.

Kenapa kalo minum kopi jantung saya rasanya tidak enak?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Minum kopi selama berada dalam jumlah tertentu maka tidak ada masalah. Jumlah tersebut adalah 200 gram perhari atau setara dengan 2-3 cangkir kopi.

Konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah. Gejala gangguan pada jantung yang paling sering dikeluhkan adalah jantung berdebar. H ini terjadi akibat kafein yang terdapat di dalam kopi menstimulasi sistem yang menghantarkan aliran listrik di jantung sehingga irama jantung menjadi lebih cepat. Gangguan lain yang serin dikeluhkan pula antara lain gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Bagaimana dengan keluhan jantung yang Anda rasakan? 

Kopi sendiri dapat merangsang susunan saraf pusat (otak), sistim pernapasan, serta jantung dan pembuluh darah, Akibatnya tubuh menjadi segar dan tidak mudah mengantuk. Namun seperti juga halnya rokok, kopi yang mengandung kafein dapat menyebabkan ketergantungan.

Kopi juga dapat menyebabkan peningkatan zat sekresi di dalam lambung yang memperbesar risiko penyakit lambung. 

Bila keluhan dirasa sangat mengganggu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agara dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga dapat diketahui penyebab keluhan yang Anda rasakan dan diberikan penanganan yang sesuai.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)
Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar