Sukses

Polip di Rahim

09 Feb 2015, 13:20 WIB
Pria, 29 tahun.

Istri saya mengalami flek seperti keluar darah haid setelah selesai haid. setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, doker menyatakan bahwa di rahim istri saya ada polip. Pertanyaannya : 1. Bukankah polip rahim hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil ? 2. Apakah polip itu berbahaya ? 3. Apakah istri saya masih bisa hami dan memiliki anak ? sebagai info istri saya umur 33 tahun. dan kami belum di karuniai anak. Tadinya tahun ini saya ingin menjalankan program hamil dengan istri saya, namun timbul penyakit polip di rahim istri saya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Salam kami untuk istri Anda tercinta.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Polip bisa saja terjadi saat wanita sedang tidak hamil. Sekilas ijinkan kami menjelaskan mengenai polip rahim. 

Polip uterus atau polip rahim merupakan daging tumbuh yang melekat pada dinding bagian dalam rahim dan menonjol ke dalam rongga rahim. Pertumbuhan sel-sel pada lapisan rahim (endometrium) yang berlebihan bisa berujung pada pembentukan polip uterus. Polip dapat tumbuh pada berbagai tempat di rahim. Polip sendiri bentuknya berbagai macam, ada yang bertangkai, dan dapat tumbuh besar sampai menjulur ke luar rahim.

Polip dapat berukuran beberapa milimeter sampai sangat besar. Pertumbuhan polip pun tentunya tidak tiba-tiba langsung besar. Membutuhkan waktu beberapa bulan sampai beberapa tahun untuk membesar, atau ada yang tetap berada pada ukuran awal dan tidak membesar. 

Penyebab plip belum diketahui secara pasti, namun faktor hormonal mempunyai peranan penting. Polip pada rahim dapat menganggu kesuburan, oleh karena itu kami sarankan agar istri Anda melakukan konsultasi kembali leboh lanjut dengan dokter agar dapat diberikan terapi yang optimal. Polip rahim yang timbul tanpa gejala dapat hilang dengan sendirinya, namun apabila ukurannya sudah besar diperlukan penanganan dengan obat atau operasi. Polip yang sejak dini ditangani semakin bagus progonis nya. 

Semoga istri Anda cepat sembuh dan Anda berdua dapat segera diberikan keturunan yang sehat. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar